Ikan di Laut Tercemar Indonesia

Ikan di Laut Tercemar Indonesia
Sumber Ikan Laut yang Merana

Dekan FEMA IPB Dr. Arif Satria, Prima Gandhi HMI Bogor, Maafkanlah, Marissa Haque & Ikang Fawzi

Dekan FEMA IPB Dr. Arif Satria, Prima Gandhi HMI Bogor, Maafkanlah, Marissa Haque & Ikang Fawzi
Dekan FEMA IPB Dr. Arif Satria, Prima Gandhi HMI Bogor, Maafkanlah, Marissa Haque & Ikang Fawzi, Doktoral di IPB

Total Tayangan Halaman

Riset Pencemaran Lingkungan Hidup di Buyat, Sulawesi Utara

Kebun Raya Bali

Kebun Raya Bali
SDALH Marissa Haque-Kebun Raya Bali

Sabtu, 22 Agustus 2009

Selama Kuliah di PSL, IPB, Bunda Kami Marissa Haque Pikirkan Bumi

Selama Kuliah di PSL, IPB, Marissa Haque Pikirkan Bumi


Oleh: Arief Bayuaji

Marissa Haque memilih untuk 'cuekin' dirinya jadi atau tidak menjadi caleg. Marissa yang merasa nyaman dan tenang dengan kehidupannya saat ini, lebih memikirkan untuk menyelamatkan nasib dan kelangsungan bumi.

"Jadi nggak jadi caleg (calon legislatif, red) tidak saya permasalahkan," jelas Marissa Haque, usai peluncuran buku Bertahan Di Bumi "Gaya Hidup Menghadapi Perubahan Iklim" karya Fachruddin M Mangunjaya, di Gedung Rektorat, Lantai 4, Universitas Nasional Jakarta, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (18/11).

Marissa Haque yang kini merupakan caleg Nomor 2 dari PPP Dapil 5 Cimahi, Bandung, Jawa Barat merasa tidak perlu memikirkannya. Marissa mengatakan, "Saya nggak optimis. Untuk saya, berbuat baik itu kan, bisa dengan cara apa pun, seperti dengan mengajar, ramah terhadap lingkungan dll."

Marissa pun kini lebih fokus dengan mengurus keluarga, mengajar dan menjalani program doktor S3 bidang Lingkungan Hidup di IPB, Jawa Barat.

"Selain kesibukan itu, saya lebih konsentrasi terhadap nasib kelangsungan bumi kita. Saya ingin menggugah kepada siapa pun, untuk menyelamatkan bumi. Saya tidak bisa memungkuri, bumi adalah masa depan kita semua. Kalau tidak kita jaga, bumi akan habis dan musnah."

Marissa mencontohkan banyaknya hutan-hutan yang digunduli. "Banyak hutan yang dirusak. Sudah tidak ada habitatnya lagi. Mulai dari tumbuhan sampai hewan. Dampak global nantinya, ya, bikin bumi hancur. Ini sangat menyedihkan," kata Marissa.

Kenyataan itulah yang akhirnya menggugah Marissa untuk mengajak siapa pun melakukan penyelamatan bumi dengan mulai melakukan sesuatu dari yang paling kecil.

"Bisa dengan menghemat listrik, membuang sampah ditempatnya sesuai organik atau non-organik, menanam dan memelihara pohon dan lain-lainnya. Semuanya dimulai dari diri sendiri, baru keluarga, tetangga, teman sampai nantinya bersama komunitas yang lebih besar," tutup Marissa. [aji]

Sumber: http://artis.inilah.com/berita/2008/11/19/62874/marissa--haque-cuekin-caleg-pikirkan-bumi/

Entri Populer